sUMBEr : Tugas Psikologi Abnormal
Translate
MEMANFAATKAN KESENDIRIAN
Halo semua.. kamu pasti sudah melihat banyak orang yang tidak menyukai kesendirian,
karena waktu yang dilewati terasa lebih panjang dan
melelahkan.
'Sendiri oh sendiri'... Ternyata hal remeh ini bisa
menjadi masalah besar bagi sebagian orang!
Apakah Kamu termasuk yang demikian? :-)
Memang, kesendirian seringkali diidentikkan dengan hal
yang menakutkan, mengesalkan, bahkan menjadi simbol
kesedihan. Namun, jika kita mau membuka pikiran,
sebenarnya kesendirian itu tidak selalu mematikan!
Kesendirian bisa memiliki dua makna...
Pertama, kesendirian menyangkut fisik yang sebenarnya,
tanpa ada orang di sekitarnya. Kedua, hanya berbentuk
perasaan saja.
Bisa jadi seseorang berada di tengah keramaian, namun
merasakan kesunyian. Mungkin Kamu pernah mengalami
hal serupa, terutama ketika menemui masalah dengan
rekan kerja, sahabat, keluarga, atau pacar? :-) dan lain
sebagainya..!
Satu hal yang perlu Kamu ingat, kesendirian dengan arti
apapun sebenarnya bukan masalah jika kita mampu
mengelolanya dengan baik, atas perasaan, sikap dan
segala situasinya.
Bagaimana kita bisa mengelola kesendirian supaya lebih
bermakna? Lakukan hal berikut :
1. Cari kesibukan dengan melakukan aktivitas positif
yang sangat Kamu sukai, misalnya dengan membaca,
menulis, olahraga, menyanyi? :-) Apapun kesukaan
Kamu. Dengan cara ini, kesendirian akan terasa lebih
menyenangkan!
2. Kedua, ingat-ingat kembali hal-hal yang menjadi
impian Kamu dan belum sempat dilakukan. Kamu bisa
membuka agenda-agenda pribadi, foto-foto jaman
dulu, buku-buku, dan lain sebagainya.
Percaya, cara ini akan menyadarkan Kamu akan
sempitnya waktu untuk mewujudkan segalanya.
Kalau sudah begini, bukankah kesendirian itu jadi
menyenangkan? ;-)
3. Ketiga, buat daftar sebanyak-banyaknya tentang
keinginan yang ingin Kamu wujudkan selagi masih
hidup. Mungkin dengan cara menuliskan kembali
'keinginan gila' saat Kamu masih kecil? Atau mimpi-
mimpi lain yang belum terlaksanakan?
Saat itu Kamu akan sadar, ternyata banyak sekali
hal yg memerlukan kesendirian utk mewujudkannya!
4. Dan yang terakhir.... Sebenarnya ini merupakan hal
*utama* dan yang pertama yang harus Kamu lakukan...
Mendekatlah kepada Yang Maha Mencinta diri Kamu.
Kesendirian ini akan semakin menyadarkan hakekat
keberadaan Kamu di dunia.
Semakin keyakinan ini kuat, maka akan semakin
kokoh kemampuan Kamu mengarungi kehidupan,
dengan segala situasinya.
Intinya, jangan biarkan Kamu terjebak dalam kesendirian
dengan suasana 'hati yang negatif', membiarkannya
berlarut-larut, hingga membuat Kamu putus asa.
Kalau Kamu mau membuka mata, kita sebenarnya tidak
pernah benar-benar sendiri. Ada orang lain di sekitar
kita.
Yang jelas, pasti selalu ada orang yang bisa Kamu
jadikan teman, dan ajak bicara!
Jika Kamu mau terbuka, dalam kesendirian Kamu bisa
merenungkan banyak hal. Dalam kesendirian Kamu bisa
menemukan kedewasaan, kebijaksanaan, ide brilian,
dan memaksimalkan potensi yang Kamu miliki.
Dalam kesendirian pula Kamu bisa mengungkap
kejujuran, yang bisa jadi terkalahkan oleh sombong dan
ego yang seringkali Kamu temukan di keramaian!
Tidak bisa dipungkiri, kesendirian bisa datang kapan
saja kepada setiap orang, termasuk kepada Kamu.
Nah, jika suatu saat atau bahkan saat ini Kamu sedang
dilanda 'kesepian' alias merasa 'sunyi sepi sendiri',
Kamu harus ingat, bahwa kesendirian tidak selamanya
mematikan!
Kelola-lah perasaan Kamu dengan baik, dan buatlah
kesendirian menjadi lebih bermakna. di kutip dari asian brain..
Sumber : sendirian.html
DI balik KEKURANGAN tersembunyi KELEBIHAN yang perlu kita SADARI..
Kekurangan
adalah hal yang bisa ku ambil hikmahnya..
Setiap
hal yang kita lakukan pasti akan di akhiri dengan kesuksesan atau
kegagalan.. setiap akhir dari hal tersebut mesti kita syukuri..karena
syukur merupakan kualitas hati yang terpenting, dengan bersyukur kita
akan senantiasa diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Sebaliknya,
perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu
merasa kurang dan tak bahagia.
Ada dua hal yang sering membuat kita tak bersyukur.
Pertama
: Kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada
apa yang kita miliki. Katakanlah anda telah memiliki sebuah
rumah,kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang terbaik. Tapi anda
masih merasa kurang. Pikiran anda dipenuhi berbagai target dan
keinginan. Anda begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah,mobil
mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang. Kita ingin
ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi
anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan
sesaat. Kita tetap tak puas, kita ingin yang
lebih lagi. Jadi, betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi “KAYA” dalam arti yang sesungguhnya.
lebih lagi. Jadi, betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi “KAYA” dalam arti yang sesungguhnya.
Mari
kita luruskan pengertian kita mengenai orang ”kaya”. Orang yang ”kaya”
bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang yang dapat
menikmati apapun yang mereka miliki. Tentunya boleh-boleh saja kita
memiliki keinginan,tapi kita perlu menyadari bahwa inilah akar perasaan
tak tenteram. Kita dapat mengubah perasaan ini dengan berfokus pada apa
yang sudah kita miliki. Cobalah lihat keadaan di sekeliling Anda,
pikirkan yang Anda miliki, dan syukurilah. Anda akan
merasakan nikmatnya hidup.
merasakan nikmatnya hidup.
Pusatkanlah
perhatian Anda pada sifat-sifat baik atasan, pasangan, dan orang-orang
di sekitar Anda. Mereka akan menjadi lebih menyenangkan. Seorang
pengarang pernah mengatakan, ”Menikahlah dengan orang yang Anda cintai,
setelah itu cintailah orang yang Anda nikahi.” Ini perwujudan rasa
syukur. Ada cerita menarik mengenai seorang kakek yang mengeluh karena
tak dapat membeli sepatu, padahal sepatunya sudah lama rusak. Suatu sore
ia melihat seseorang yang tak mempunyai kaki, tapi tetap ceria. Saat
itu juga si kakek berhenti mengeluh dan mulai bersyukur.
Hal
kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalah kecenderungan
membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang
lain lebih beruntung. Kemanapun kita pergi, selalu ada kata ketidak
puasan dalam diri kita.. melihat kelebihan orang lain yang belum kita
miliki. Akan tetapi kita tidak sadar kalo kita juga mempunyai kelebihan
dari mereka. Begitulah pada umumnya setiap insan di dunia ini "INGAT
PADA UMUMNYA YAH.” Karena setiap insan pada umumnya begitu..
“Seseorang yang kita anggab lebih akan merasa kurang atas kelebihan kita”.
“Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri”
Jadi ngapaen repot dengan kelebihan orang lain yang padahal kita juga mempunyai kelebihan tersendiri.
Hal ini saya ibaratkan dengan AYAM dan BEBEK..>>
Seekor
ayam dan seekor bebek bermain bersama.. tiba-tiba BEBEK melompat ke
kolam ikan dan berenang kegirangan.. “uek uek uek..uek uek uek..” ayam
termenung dan merasa dirinya berkekurangan... akan keinginannya yang
kuat dan ayam pun melompat ke kolam..lalu terpekik pekik kecemasan
seakan mati tenggelam.. tp akhirnya ayam pun bisa menyelamatkan diri
dengan tubuh basah keluyupan.. pada waktu selanjutnya BEBEK n AYAM
bermain bersama lagi.. tiba-tiba ayam melompat tinggi ke atas pohon dan
berkotek kegirangan.. “kotek.kotek..kotek...” Bebekpun berdiam diri di
bawah pohon sambil melihat ke atas..perasaan kurang pun muncul.. BEBEK
mencoba melompat2 tapi selalu kepentol ke batang pohon..
^Nah
sadarilah dirimu dan nikmati kelebihan mu pasti bermanfaat.. dan akan
lebih bermanfaat jika bisa berbagi dengan orang lain.. saling bantu
membantu agar semua jadi mudah^..
Berikut ada lagi cerita mengenai dua pasien rumah sakit jiwa>>>.
Pasien
pertama sedang duduk termen ung sambil menggumam, ”Lulu, Lulu.” Seorang
pengunjung yang keheranan menanyakan masalah yang dihadapi orang ini.
Si dokter menjawab, ”Orang ini jadi gila setelah cintanya ditolak oleh
Lulu.” Si pengunjung manggut-manggut, tapi begitu lewat sel lain ia
terkejut melihat penghuninya terus menerus memukulkan kepalanya di
tembok dan berteriak,”Lulu, Lulu”. ”Orang ini juga punya masalah dengan
Lulu? ” tanyanya keheranan. Dokter kemudian menjawab,”Ya, dialah yang
akhirnya menikah dengan Lulu.”
Hidup
akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki.
Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.
CERITA PENUTUP>>>>
Seorang
ibu yang sedang terapung di laut karena kapalnya karam, namun tetap
berbahagia. Ketika ditanya kenapa demikian, ia menjawab, ”Saya mempunyai
dua anak laki-laki. Yang pertama sudah meninggal, yang kedua hidup
ditanah seberang. Kalau berhasil selamat, saya sangat bahagia karena
dapat berjumpa dengan anak kedua saya. Tetapi kalaupun mati tenggelam,
saya juga akan berbahagia karena saya akan berjumpa dengan anak pertama
saya di surga.”
Tingkah Laku ^_^
Apakah saudara tau apa itu tingkah laku?
Tingkah laku merupakan cerminan atau luapan dari dalam diri individu.. Pernahkah saudara tertipu oleh tingkah laku seseorang? Atau saudara sendiri yang menipu diri?
Terkadang banyak orang menggunakan pertahanan diri untuk menyembunyikan hasrat atau keinginan yang tersimpan dalam dirinya.. seperti bertingkah benci yang padahal sayang, proyeksi (mengatakan hasrat dalam diri seakan-akan hasrat orang lain), merepres ke alam bawah sadar kejadian-kejadian yang dianggap sangat menyakitkan, memalukan, menakutkan, dan lain sebagainya, hidup dengan topeng2 yang dianggap dapat menggambarkan dirinya / bukan dirinya yang ditampilkan (menolak diri).
Orang yang menolak diri biasanya sering mengkritik orang lain (mengejek, mencemooh, memperolok-olok atau merendahkan orang lain yang nantinya berharap dia akan merasa lebih baik dari orang itu. Ingatkah ayat Tuhan yang menyebutkan bahwa “sesungguhnya orang yang memperolok-olok lebih buruk dari orang yang diperolok-olokan”. Yang kedua orang yang menolak diri biasanya sering mengkritik diri sendiri dengan harapan orang yang mendengarkannya bembalas dengan memujinya seperti Dita berkata “ Kamu lebih cakep dari aku,”“kamu pintar tidak ada orang yang menyukai ku”, Dengan harapan lawan bicara berkata “Tidak Dita! Kamu cakep dan pintar” Tahukah saudara apa yang terjadi bila jawaban itu tidak muncul?
Bagi saudara yang banyak melakukan hal itu atau mengunakan pertahanan diri yang berlebihan akan merusak diri saudara sendiri, menghambat perkembangan diri, menimbulkan tekanan yang kuat, menambah kecemasan yang berakibat stres. Sudikah saudara mengalami hal seperti itu?
Harapan saya kepada saudara adalah berusahalah untuk menghargai diri sendiri !
“ketika kita tidak menyukai diri sendiri. Kita menjengkelkan orang lain, sementara kita sendiri juga merasa tertekan.
Jika kita menerima diri sendiri kita akan merasa lebih baik”
Menghargai diri sendiri dapat di artikan : “ suatu sikap menghormati dan menjaga diri sendiri, tidak membiarkannya terlantar dan menjadi beban orang lain, serta tidak membiarkannya diperalat atau di manipulasi oleh orang lain.”
“Harga diri adalah apa yang saudara pikirkan dan rasakan tentang diri sendiri bukanlah apa yang dipikirkan dan di rasakan oleh orang lain.”
Hal yang perlu di lakukan..
Langsung bertindak mengatasi kekurangan. Jadikan cacat-cacat atau kelemahan sebagai batu loncatan ke arah sukses, tekadkan kemauan yang keras dan lahirkan usaha-usaha yang fanatik dan jangan arahkan usaha fanatik ini pada egoisme sempit atau jangan sampai mengganggu orang lain.
Gantilah kelemahan yang saudara rasakan dengan memupuk potensi yang belum saudara maksimalkan. Jika saudara lemah pada jasmani (karena saudara benci pada tubuh anda) maka saudara dapat memupuk dengan mengembangkan daya rohani. Seperti memuaskan kemampuan berfikir. Buah pikiran ini akan dapat menjadikan saudara pada keberhasilan.
Jika cara satu dan dua tidak mungkin anda lakukan maka jalan yang di tempuh adalah menerima kekurangan-kekurangan dan batas-batas kemampuan saudara sebagai sesuatu hal yang wajar. Tapi bukan berarti saudara tidak berbuat apa-apa, berusahalah untuk memahami kenapa kelemahan itu dapat timbul, menyadari bahwa hal itu ada, jangan merepsesnya ke alam bawah sadar (menganggab itu tidak penting), dan berusaha untuk menerimanya. Jika tidak, akan menimbulkan tekanan dalam diri.
Pulihkan harapan-harapan saudara terhadap diri sendiri dengan mengingat-ingat sukses yang pernah dicapai. Jika saudara telah peka terhadab kegagalan kenapa saudara tidak peka pula terhadap sukses-sukses? Ingatlah kesukesan itu dan yakinlah sebenarnya diri saudara adalah lebih baik, lebih mujur, lebih menarik, dari pada apa yang saudara pikirkan.
Ingatlah Tuhan menciptakan manusia dengan segala macam kelebihan dan kekurangan. Yang saudara pikirkan saat ini mungkin hanyalah kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri saudara yang membuat saudara menggunakan pertahanan diri, menolak diri, merasa rendah diri. Yakinkan diri saudara bahwa ada kelebihan yang tersirat pada saudara dan itu mungkin belum dapat saudara lihat. Tetapi kelebihan itu dapat di lihat oleh orang lain. Terima kenyataan tentang diri saudara dengan lapang dada sambil berusaha memperbaikinya selangkah demi selangkah.
Menjadi diri sendiri lebih baik dari pada menjadi orang lain.
Menjadi diri sendiri adalah “Bagaimana aku bertingkah laku karena kemauan sendiri dan bukan karena kehendak orang lain.”
Untuk menjadi diri sendiri hal yang penting adalah mengenal dengan semakin baik tentang diri sendiri, dengan itu saudara dapat mengetahui keadaan yang faktual tentang diri dan sekaligus dapat memahami potensi-potensi ke arah mana saudara akan berkembang selanjutnya.
Dengan keberhasilan menjadi diri sendiri maka terbentuklah indentitas diri saudara. Saudara akan memiliki jati diri.
sumber : Narkinzo Cheesco, S.Psi
KEBAHAGIAN itu TERGANTUNG pada MU
“Kamu bisa,, dan selalu mempunyai keinginan,
Semua yang kamu lakukan tujuannya
adalah untuk ‘orang lain’ yang kamu lakukan
untuk dirimu sendiri adalah Ibadah
kecuali –do’a- “
-Narkinzo Cheesco-
"Tempat untuk berbahagia itu ada di
sini. Waktu untuk berbahagia itu kini.
Cara untuk berbahagia ialah dengan
membuat orang lain berbahagia"
-- Robert G. Ingersoll
Hi semua...apakah saat ini merasa bahagia?
Di mana letak kebahagiaan (‘kamu’)
sesungguhnya? Apakah pada moleknya
tubuh? ..Jelitanya rupa? Tumpukan
harta?
....atau barangkali punya mobil mewah &
tingginya jabatan?
Jika itu semua sudah (‘kamu’) dapatkan,
apakah (‘kamu’) bisa memastikan bahwa
(‘kamu’) *akan* bahagia?
Hari ini saya akan mengajak (‘kamu’) untuk
melihat, kalau limpahan harta tidak
selalu mengantarkan pada kebahagiaan
Dan ini kisah nyata...
Ada delapan orang miliuner yang memiliki
nasib kurang menyenangkan di akhir
hidupnya. Tahun 1923, para miliuner
berkumpul di Hotel Edge Water Beach
di Chicago, Amerika Serikat. Saat itu,
mereka adalah kumpulan orang-orang yang
sangat sukses di zamannya.
Namun, tengoklah nasib tragis mereka 25
tahun sesudahnya! Saya akan menyebutnya
satu persatu :
Hi semua...apakah saat ini merasa bahagia?
Di mana letak kebahagiaan (‘kamu’)
sesungguhnya? Apakah pada moleknya
tubuh? ..Jelitanya rupa? Tumpukan
harta?
....atau barangkali punya mobil mewah &
tingginya jabatan?
Jika itu semua sudah (‘kamu’) dapatkan,
apakah (‘kamu’) bisa memastikan bahwa
(‘kamu’) *akan* bahagia?
Hari ini saya akan mengajak (‘kamu’) untuk
melihat, kalau limpahan harta tidak
selalu mengantarkan pada kebahagiaan
Dan ini kisah nyata...
Ada delapan orang miliuner yang memiliki
nasib kurang menyenangkan di akhir
hidupnya. Tahun 1923, para miliuner
berkumpul di Hotel Edge Water Beach
di Chicago, Amerika Serikat. Saat itu,
mereka adalah kumpulan orang-orang yang
sangat sukses di zamannya.
Namun, tengoklah nasib tragis mereka 25
tahun sesudahnya! Saya akan menyebutnya
satu persatu :
=> Charles Schwab, CEO Bethlehem Steel,
perusahaan besi baja ternama waktu itu.
Dia mengalami kebangkrutan total,
hingga harus berhutang untuk membiayai
5 tahun hidupnya sebelum meninggal.
Dia mengalami kebangkrutan total,
hingga harus berhutang untuk membiayai
5 tahun hidupnya sebelum meninggal.
=> Richard Whitney, President New York
Stock Exchange. Pria ini harus
menghabiskan sisa hidupnya dipenjara
Sing Sing.
menghabiskan sisa hidupnya dipenjara
Sing Sing.
=> Jesse Livermore (raja saham "The
Great Bear" di Wall Street), Ivar
Krueger (CEO perusahaan hak cipta),
Leon Fraser (Chairman of Bank of
International Settlement), ketiganya
memilih mati bunuh diri.
memilih mati bunuh diri.
=> Howard Hupson, CEO perusahaan gas
terbesar di Amerika Utara. Hupson
sakit jiwa dan meninggal di rumah
sakit jiwa.
sakit jiwa dan meninggal di rumah
sakit jiwa.
=> Arthur Cutton, pemilik pabrik tepung
terbesar di dunia, meninggal di
negeri orang lain.
=> Albert Fall, anggota kabinet
presiden Amerika Serikat, meninggal
di rumahnya ketika baru saja keluar
dari penjara.
Kisah di atas merupakan bukti, bahwa
kekayaan yang melimpah bukan jaminan
akhir kehidupan yang bahagia!
Kebahagiaan memang menjadi faktor yang
begitu didambakan bagi semua orang.
Hampir segala tujuan muaranya ada pada
di rumahnya ketika baru saja keluar
dari penjara.
Kisah di atas merupakan bukti, bahwa
kekayaan yang melimpah bukan jaminan
akhir kehidupan yang bahagia!
Kebahagiaan memang menjadi faktor yang
begitu didambakan bagi semua orang.
Hampir segala tujuan muaranya ada pada
kebahagiaan. Kebanyakan orang baru bisa
merasakan *hidup* jika sudah menemukan
kebahagiaan.
Pertanyaannya, di mana kita bisa
mencari kebahagiaan?
Apakah di pusat pertokoan? Salon
kecantikan yg mahal? Restoran mewah?
Di Hawaii? di Paris? atau di mana?
Sesungguhnya, kebahagiaan itu tdk perlu
dicari kemana-mana... karena ia ada
kebahagiaan.
Pertanyaannya, di mana kita bisa
mencari kebahagiaan?
Apakah di pusat pertokoan? Salon
kecantikan yg mahal? Restoran mewah?
Di Hawaii? di Paris? atau di mana?
Sesungguhnya, kebahagiaan itu tdk perlu
dicari kemana-mana... karena ia ada
di hati setiap manusia.
Carilah kebahagiaan dalam hatimu!
Telusuri 'rasa' itu dalam kalbumu!
Percayalah, ia tak akan lari kemana-mana...
Hari ini saya akan berbagi tips
bagaimana kita sesungguhnya bisa
mendapatkan kebahagiaan *setiap hari*.
Berikut adalah tips yang bisa (‘kamu’)
lakukan:
1. Mulailah Berbagi!
Ciptakan suasana bahagia dengan cara
berbagi dengan orang lain. Dengan cara
berbagi akan menjadikan hidup kita
terasa lebih berarti.
2. Bebaskan hati dari rasa benci,
bebaskan pikiran dari segala
kekhawatiran.
Menyimpan rasa benci, marah atau dengki
hanya akan membuat hati merasa tidak
nyaman dan tersiksa.
kekhawatiran.
Menyimpan rasa benci, marah atau dengki
hanya akan membuat hati merasa tidak
nyaman dan tersiksa.
3. Murahlah dalam memaafkan!
Jika ada orang yang menyakiti, jangan
balik memaki-maki. Mendingan berteriak
"Hey! Kamu sudah saya maafkan!!".
Dengan memiliki sikap demikian, hati
kita akan menjadi lebih tenang, dan
amarah kita bisa hilang. Tidak percaya?
Coba saja! Saya sering melakukannya. :-)
4. Lakukan sesuatu yang bermakna.
Hidup di dunia ini hanya sementara.
Lebih baik (‘kamu’) gunakan setiap waktu
dan kesempatan yang ada untuk melakukan
hal-hal yang bermakna, untuk diri
sendiri, keluarga, dan orang lain.
Dengan cara seperti ini maka
kebahagiaan (‘kamu’) akan bertambah dan
terus bertambah.
5. Limit Excpectations (‘kamu’) jangan
terlalu banyak berharap pada orang
lain, nanti (‘kamu’) akan kecewa!
6. Positif Thinking, ('kamu') jangan terlalu
melihat sisi buruk dari setiap kejadian
melihat sisi baiknya untuk mu akan
lebih cepat memberi rasa bahagia
----setiap peristiwa ada Hikmahnya----
Pandai-pandailah untuk merasa bahagia
bahagia itu asli dari mu
bagaimana ('kamu') mengolah sesuatu
dari setiap kegiatan-hasil yang di peroleh.
dan
Ingat, kebahagiaan merupakan tanggung
jawab masing-masing, bukan tanggung
jawab teman, keluarga, kekasih, atau
orang lain.
jawab masing-masing, bukan tanggung
jawab teman, keluarga, kekasih, atau
orang lain.
Lebih baik kita perbanyak harap hanya
kepada Yang Maha Kasih dan Kaya.
Karena Dia-lah yang menciptakan kita,
dan Dia-lah yang menciptakan segala
'rasa', termasuk rasa bahagia yang
selalu (‘kamu’) inginkan. ^_^kepada Yang Maha Kasih dan Kaya.
Karena Dia-lah yang menciptakan kita,
dan Dia-lah yang menciptakan segala
'rasa', termasuk rasa bahagia yang
SUMBER : NARKINZO
MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
Psikologi
pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang
berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan
yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar (Whiterington, 1982:10).
Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi
pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila
beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi
psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi
pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan
proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.
Karena
konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa
melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada
umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang
ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan
kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya
tindakan-tindakan belajar secara efektif.
B. Mendorong Tindakan Belajar
Pada umumnya orang
beranggapan bahwa pendidik adalah sosok yang memiliki sejumlah besar
pengetahuan tertentu, dan berkewajiban menyebarluaskannya kepada orang lain.
Demikian juga, subjek didik sering dipersepsikan sebagai sosok yang bertugas
mengkonsumsi informasi-informasi dan pengetahuan yang disampaikan pendidik.
Semakin banyak informasi pengetahuan yang mereka serap atau simpan semakin baik
nilai yang mereka peroleh, dan akan semakin besar pula pengakuan yag mereka
dapatkan sebagai individu terdidik.
Anggapan-anggapan
seperti ini, meskipun sudah berusia cukup tua, tidak dapat dipertahankan lagi.
Fungsi pendidik menjejalkan informasi pengetahuan sebanyak-banyakya kepada
subjek didik dan fungsi subjek didik menyerap dan mengingat-ingat
keseluruhan informasi itu, semakin tidak
relevan lagi mengingat bahwa pengetahuan itu sendiri adalah sesuatu yang
dinamis dan tidak terbatas. Dengan kata lain, pengetahuan-pengetahuan (yang
dalam perasaan dan pikiran manusia dapat dihimpun) hanya bersifat sementara dan
berubah-ubah, tidak mutlak (Goble, 1987 : 46). Gugus pengetahuan yang dikuasai
dan disebarluaskan saat ini, secara relatif, mungkin hanya berfungsi untuk saat
ini, dan tidak untuk masa lima hingga sepuluh tahun ke depan. Karena itu, tidak
banyak artinya menjejalkan informasi pengetahuan kepada subjek didik, apalagi
bila hal itu terlepas dari konteks pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.
Namun demikian
bukan berarti fungsi traidisional pendidik untuk menyebarkan informasi
pengetahuan harus dipupuskan sama sekali. Fungsi ini, dalam batas-batas
tertentu, perlu dipertahankan, tetapi harus dikombinasikan dengan fungsi-fungsi
sosial yang lebih luas, yakni membantu subjek didik untuk memadukan
informasi-informasi yang terpecah-pecah dan tersebar ke dalam satu falsafah
yang utuh. Dengan kata lain dapat diungkapkan bahwa menjadi seorang pendidik
dewasa ini berarti juga menjadi “penengah” di dalam perjumpaan antara subjek
didik dengan himpunan informasi faktual yang setiap hari mengepung kehidupan
mereka.
Sebagai penengah,
pendidik harus mengetahui dimana letak sumber-sumber informasi pengetahuan
tertentu dan mengatur mekanisme perolehannya apabila sewaktu-waktu diperlukan
oleh subjek didik.Dengan perolehan informasi pengetahuan tersebut, pendidik
membantu subjek didik untuk mengembangkan kemampuannya mereaksi dunia
sekitarnya. Pada momentum inilah tindakan belajar dalam pengertian yang
sesungguhya terjadi, yakni ketika subjek didik belajar mengkaji kemampuannya
secara realistis dan menerapkannya untuk mencapai kebutuhan-kebutuhannya.
Dari deskripsi di
atas terlihat bahwa indikator dari satu tindakan belajar yang berhasil adalah :
bila subjek didik telah mengembangkan kemampuannya sendiri. Lebih jauh lagi,
bila subjek didik berhasil menemukan dirinya sendiri ; menjadi dirinya sendiri.
Faure (1972) menyebutnya sebagai “learning to be”.
Adalah tugas
pendidik untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi berlangsungnya tindakan
belajar secara efektif. Kondisi yang kondusif itu tentu lebih dari sekedar
memberikan penjelasan tentang hal-hal yang termuat di dalam buku teks,
melainkan mendorong, memberikan inspirasi, memberikan motif-motif dan membantu
subjek didik dalam upaya mereka mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan
(Whiteherington, 1982:77). Inilah fungsi motivator, inspirator dan fasilitator
dari seorang pendidik.
C. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Proses dan Hasil Belajar
Agar fungsi
pendidik sebagai motivator, inspirator dan fasilitator dapat dilakonkan dengan
baik, maka pendidik perlu memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses
dan hasil belajar subjek didik. Faktor-faktor itu lazim dikelompokkan atas dua
bahagian, masing-masing faktor fisiologis dan faktor psikologis (Depdikbud,
1985 :11).
1. Faktor Fisiologis
Faktor-faktor
fisiologis ini mencakup faktor material pembelajaran, faktor lingkungan, faktor
instrumental dan faktor kondisi individual subjek didik.Material pembelajaran
turut menentukan bagaimana proses dan hasil belajar yang akan dicapai subjek
didik. Karena itu, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan kesesuaian
material pembelajaran dengan tingkat kemampuan subjek didik ; juga melakukan
gradasi material pembelajaran dari tingkat yang paling sederhana ke tingkat
lebih kompeks.
Faktor lingkungan,
yang meliputi lingkungan alam dan lingkungan sosial, juga perlu mendapat
perhatian. Belajar dalam kondisi alam yang segar selalu lebih efektif dari pada
sebaliknya. Demikian pula, belajar padapagi hari selalu memberikan hasil yang
lebih baik dari pada sore hari. Sementara itu, lingkungan sosial yang hiruk
pikuk, terlalu ramai, juga kurang kondisif bagi proses dan pencapaian hasil
belajar yang optimal.
Yang tak kalah
pentingnya untuk dipahami adalah faktor-faktor instrumental, baik yang
tergolong perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
Perangkat keras seperti perlangkapan belajar, alat praktikum, buku teks dan
sebagainya sangat berperan sebagai sarana pencapaian tujuan belajar. Karenanya,
pendidik harus memahami dan mampu mendayagunakan faktor-faktor instrumental ini
seoptimal mungkin demi efektifitas pencapaian tujuan-tujuan belajar.
Faktor fisiologis
lainnya yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar adalah kondisi
individual subjek didik sendiri. Termasuk ke dalam faktor ini adalah kesegaran
jasmani dan kesehatan indra. Subjek didik yang berada dalam kondisi jasmani
yang kurang segar tidak akan memiliki kesiapan yang memadai untuk memulai
tindakan belajar.
2. Faktor Psikologis
Faktor-faktor
psikologis yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar
jumlahnya banyak sekali, dan masing-masingnya
tidak dapat dibahas secara
terpisah.
Perilaku individu, termasuk
perilaku belajar, merupakan totalitas penghayatan dan aktivitas yang lahir
sebagai hasil akhir saling pengaruh antara berbagai gejala, seperti perhatian,
pengamatan, ingatan, pikiran dan motif.
2.1.Perhatian
Tentulah dapat diterima bahwa
subjek didik yang memberikan perhatian intensif dalam belajar akan memetik
hasil yang lebih baik. Perhatian intensif ditandai oleh besarnya kesadaran yang
menyertai aktivitas belajar. Perhatian intensif subjek didik ini dapat
dieksloatasi sedemikian rupa melalui strategi pembelajaran tertentu, seperti
menyediakan material pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan subjek didik,
menyajikan material pembelajaran dengan teknik-teknik yang bervariasi dan
kreatif, seperti bermain peran (role playing), debat dan sebagainya.
Strategi pemebelajaran seperti
ini juga dapat memancing perhatian yang spontan dari subjek didik. Perhatian
yang spontan dimaksudkan adalah perhatian yang tidak disengaja, alamiah, yang
muncul dari dorongan-dorongan instingtif untuk mengetahui sesuatu, seperti
kecendrungan untuk mengetahui apa yang terjadi di sebalik keributan di samping
rumah, dan lain-lain. Beberapa hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa
perhatian spontan cendrung menghasilkan ingatan yang lebih lama dan intensif
dari pada perhatian yang disengaja.
2.2.Pengamatan
Pengamatan adalah cara pengenalan
dunia oleh subjek didik melalui penglihatan, pendengaran, perabaan, pembauan
dan pengecapan. Pengamatan merupakan gerbang bai masuknya pengaruh dari luar ke
dalam individu subjek didik, dan karena itu pengamatan penting artinya bagi
pembelajaran.
Untuk kepentingan pengaturan
proses pembelajaran, para pendidik perlu memahami keseluruhan modalitas
pengamatan tersebut, dan menetapkan secara analitis manakah di antara
unsur-unsur modalitas pengamatan itu yang paling dominan peranannya dalam
proses belajar. Kalangan psikologi tampaknya menyepakati bahwa unsur lainnya
dalam proses belajar. Dengan kata lain, perolehan informasi pengetahuan oleh
subjek didik lebih banyak dilakukan melalui penglihatan dan pendengaran.
Jika demikian, para pendidik
perlu mempertimbangkan penampilan alat-alat peraga di dalam penyajian material
pembelajaran yang dapat merangsang optimalisasi daya penglihatan dan
pendengaran subjek didik. Alat peraga yang dapat digunakan, umpamanya ; bagan,
chart, rekaman, slide dan sebagainya.
2.3.Ingatan
Secara teoritis, ada 3 aspek yang
berkaitan dengan berfungsinya ingatan, yakni (1) menerima kesan, (2) menyimpan kesan, dan (3)
memproduksi kesan. Mungkin karena fungsi-fungsi inilah, istilah “ingatan”
selalu didefinisikan sebagai kecakapan untuk menerima, menyimpan dan
mereproduksi kesan.
Kecakapan merima kesan sangat
sentral peranannya dalam belajar. Melalui kecakapan inilah, subjek didik mampu
mengingat hal-hal yang dipelajarinya.
Dalam konteks pembelajaran,
kecakapan ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya teknik pembelajaran
yang digunakan pendidik. Teknik pembelajaran yang disertai dengan penampilan
bagan, ikhtisar dan sebagainya kesannya akan lebih dalam pada subjek didik. Di
samping itu, pengembangan teknik pembelajaran yang mendayagunakan “titian
ingatan” juga lebih mengesankan bagi subjek didik, terutama untuk material
pembelajaran berupa rumus-rumus atau urutan-urutan lambang tertentu. Contoh
kasus yang menarik adalah mengingat nama-nama kunci nada g (gudeg), d (dan), a
(ayam), b (bebek) dan sebagainya.
Hal lain dari ingatan adalah
kemampuan menyimpan kesan atau mengingat. Kemampuan ini tidak sama kualitasnya
pada setiap subjek didik. Namun demikian, ada hal yang umum terjadi pada
siapapun juga : bahwa segera setelah seseorang selesai melakukan tindakan belajar,
proses melupakan akan terjadi. Hal-hal yang dilupakan pada awalnya berakumulasi
dengan cepat, lalu kemudian berlangsung semakin lamban, dan akhirnya sebagian
hal akan tersisa dan tersimpan dalam ingatan untuk waktu yang relatif lama.
Untuk mencapai proporsi yang
memadai untuk diingat, menurut kalangan psikolog pendidikan, subjek didik harus
mengulang-ulang hal yang dipelajari dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.
Implikasi pandangan ini dalam proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga
memungkinkan bagi subjek didik untuk mengulang atau mengingat kembali material
pembelajaran yang telah dipelajarinya. Hal ini, misalnya, dapat dilakukan
melalui pemberian tes setelah satu submaterial pembelajaran selesai.
Kemampuan resroduksi, yakni
pengaktifan atau prosesproduksi ulang hal-hal yang telah dipelajari, tidak
kalah menariknya untuk diperhatikan. Bagaimanapun, hal-hal yang telah
dipelajari, suatu saat, harus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan tertentu
subjek didik, misalnya kebutuhan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam
ujian ; atau untuk merespons tantangan-tangan dunia sekitar.
Pendidik dapat mempertajam
kemampuan subjek didik dalam hal ini melalui pemberian tugas-tugas
mengikhtisarkan material pembelajaran yang telah diberikan.
2.4.Berfikir
Definisi yang paling umum dari
berfikir adalah berkembangnya ide dan konsep (Bochenski, dalam Suriasumantri
(ed), 1983:52) di dalam diri seseorang. Perkembangan ide dan konsep ini
berlangsung melalui proses penjalinan hubungan antara bagian-bagian informasi
yang tersimpan di dalam didi seseorang yang berupa pengertian-perngertian. Dari
gambaran ini dapat dilihat bahwa berfikir pada dasarnya adalah proses
psikologis dengan tahapan-tahapan berikut : (1) pembentukan pengertian, (2)
penjalinan pengertian-pengertian, dan (3) penarikan kesimpulan.
Kemampuan berfikir pada manusia
alamiah sifatnya. Manusia yang lahir dalam keadaan normal akan dengan
sendirinya memiliki kemampuan ini dengan tingkat yang reletif berbeda. Jika
demikian, yang perlu diupayakan dalam proses pembelajaran adalah mengembangkan
kemampuan ini, dan bukannya melemahkannya. Para pendidik yang memiliki
kecendrungan untuk memberikan penjelasan yang “selengkapnya” tentang satu
material pembelajaran akan cendrung melemahkan kemampuan subjek didik untuk
berfikir. Sebaliknya, para pendidik yang lebih memusatkan pembelajarannya pada
pemberian pengertian-pengertian atau konsep-konsep kunci yang fungsional akan
mendorong subjek didiknya mengembangkan kemampuan berfikir mereka. Pembelajaran
seperti ni akan menghadirkan tentangan psikologi bagi subjek didik untuk
merumuskan kesimpulan-kesimpulannya secara mandiri.
2.5.Motif
Motif adalah keadaan dalam diri
subjek didik yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu
Motif boleh jadi timbul dari rangsangan luar, seperti pemberian hadiah bila
seseorang dapat menyelesaikan satu
tugas dengan baik. Motif semacam ini sering
disebut motif ekstrensik. Tetapi tidak jarang pula motif tumbuh di
dalam diri
subjek didik sendiri yang disebut motif intrinsik. Misalnya, seorang subjek
didik gemar membaca
karena dia memang ingin mengetahui lebih dalam tentang
sesuatu.
Dalam konteks belajar, motif
intrinsik tentu selalu lebih baik, dan biasanya berjangka panjang. Tetapi dalam
keadaan motif intrinsik tidak cukup potensial pada subjek didik, pendidik perlu
menyiasati hadirnya motif-motif
ekstrinsik. Motif ini, umpamanya, bisa
dihadirkan melalui penciptaan suasana kompetitif di antara individu
maupun
kelompok subjek didik. Suasana ini akan mendorong subjek didik untuk berjuang
atau berlomba
melebihi yang lain.Namun demikian, pendidik harus memonitor
suasana ini secara ketat agar tidak mengarah
kepada hal-hal yang negatif.
Motif ekstrinsik bisa juga
dihadirkan melalui siasat “self competition”, yakni menghadirkan grafik
prestasi individual subjek didik.Melalui grafik ini, setiap subjek didik dapat
melihat kemajuan-kemajuannya sendiri. Dan sekaligus membandingkannya dengan
kemajuan yang dicapai teman-temannya.Dengan melihat grafik ini, subjek didik
akan terdorong untuk meningkatkan prestasinya supaya tidak berada di bawah
prestasi orang lain.
Sumber : Andragogi
Subscribe to:
Posts (Atom)